Minggu, 10 Maret 2013

line follower analog

LFRO  MRC adalah robot line follower yang sudah aq buat sembari mengisi waktu luangku daripada nganggur di rumah ga' jelass.. hehehe
 ini robot LFR "LfroMRC" sudah jadi saya buat , SO.. buat ttemen yang pingin melajar membuat robot LFR analog sederhana silakan blajar di sini..

spek:
1. driver motor dengan 4 rele
2. 10 sensor cahaya
3. 1 komparator dengan LM324
3. IC logika AND (blom di pasang :D)
4. mode turbo dan biasa
5. pengatur kecepatan motor
nah klo mau blajar konsepnya ini aq sedikit share.. :)
Komponen dasar dari sistem robot:
hmmm tulis apa lagi ya….  langsung aja dech nich q share salah satu  rangkaian dari robot line follower analog….
Rangkaian Line Follower Analog diatas  terdapat 3 bagian utama, yaitu bagian sensor, komparator dan driver. Untuk bagian sensor digunakan photodioda sebagai sensor cahaya, sedangkan komparatornya menggunakan IC LM 324 sebagai pembanding tegangan dan untuk drivernya digunakan H- Bridge Transistor.
Cara kerja dari rangkaian-rangkaian Line Follower Analog tersebut adalah sebagai berikut :
A. Prinsip Kerja Sensor
Sensor yang digunakan terdiri dari photo dioda. Sensor ini nilai resistansinya akan berkurang bila terkena cahaya dan bekerja pada kondisi riverse bias. Untuk sensor cahayanya digunakan LED Superbright, komponen ini mempunyai cahaya yang sangat terang, sehingga cukup untuk mensuplai cahaya ke photo dioda.
Gambar Rangkaian sensor
Cara kerjanya :

Gambar Sensor tidak terkena cahaya
Jika photo dioda tidak terkena cahaya, maka nilai resistansinya akan besar atau dapat kita asumsikan tak hingga. Sehingga arus yang mengalir pada komparator sangat kecil atau dapat diasumsikan dengan logika 0.
Gambar Sensor terkena cahaya
Jika photo dioda terkena cahaya, maka photo dioda akan bersifat sebagai sumber tegangan dan nilai resistansinya akan menjadi kecil, sehingga akan ada arus yang mengalir ke komparator dan berlogika 1.
B. Prinsip Kerja Komparator
Komparator pada rangaian ini menggunakan IC LM 324 yang didalamnya berisi rangkaian Op Amp digunakan untuk membandingkan input dari sensor. Dimana input akan dibandingkan dari Op Amp IC LM 324 yang output berpulsa high. Sehingga tidak perlu adanya pull up pada outputnya. IC ini dapat bekerja pad range 3 volt sampai 30 volt dan dapat bekerja dengan normal mulai tegangan 6 volt.
Dalam rangkaian ini juga terdapat 4 LED, yang berfungsi sebagai indikator. Untuk mengatur tagangan pada pembanding, disambungkan Variable Resistor (VR) diantara kedua OP Amp IC LM 324. Untuk datasheet LM324 silakan unduh disini.
Gambar Rangkaian  komparator
► Jika tidak ada arus yang mengalir dari rangkaian sensor ke rangkaian ini maka tegangan masukan untuk rangkaian ini adalah 0 Volt, akibatnya pada IC 1 tegangan di terminal ( + ) > ( – ), maka LED-A on, sedangkan pada IC 2 sebaliknya LED-B off.
►  Jika ada arus yang mengalir dari rangkaian sensor ke rangkaian ini maka tegangan masukan untuk rangkaian ini mendekati Vcc, akibatnya pada IC 2 tegangan di terminal ( + ) < ( – ), maka LED-B on, sedangkan pada IC 1 sebaliknya maka LED-A off.
Kondisi antara titik A dan B akan selalu keterbalikan.
C. Prinsip Kerja Driver Motor
Driver adalah rangkaian yang tersusun dari transistor yang digunakan untuk menggerakkan motor DC. Dimana komponen utamanya adalah transistor yang dipasang sesuai karakteristiknya.
Gambar Rangkaian driver H-Bridge Transistor
Pada saat input A berlogika 1, maka ada arus yang mengalir pada rangkaian, akibatnya transistor 1 dan 4 on karena basis terbias, sehingga motor berputar. Sehingga saat input A berlogika 1 maka input B akan berlogika 0, jadi transistor 2 dan 3 akan off.
Pada saat input B berlogika 1, maka ada arus yang mengalir pada rangkaian, akibatnya transistor 2 dan 3 on karena basis terbias, sehingga motor berputar tapi dengan arah yang berlawanan.
nah ini gan sis LFROMRCku ..

 nah ini klo yang mau tau skematinya,..
selamat mencoba.. :)
ini nih videonya

Label:

4 Komentar:

Pada 26 April 2013 21.49 , Blogger Syaiful Arudam mengatakan...

bisa minta skematik n board eagle gak....mu buat belajar line follower analog....kirim via email ya
sr.syaifur@gmail.com

 
Pada 29 April 2013 07.39 , Anonymous harits mengatakan...

bisa minta skematik dan board eagle gak? kirim via email ya
haritsc@yahoo.con

 
Pada 18 September 2013 05.50 , Blogger agus khumaidi mengatakan...

itukan uda saya kasih lihat skematiknya broo...
coba dulu lah :D

 
Pada 18 September 2013 05.51 , Blogger agus khumaidi mengatakan...

kan uda ada gambar skematik lengkapnya brooo :D

 

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

<< Beranda